http://www.cheaplouboutinshoes-outlet.org – Di era penyimpanan digital seperti Cloud saat ini, memang sudah mulai ditinggalkan. Apalagi saat ini harga hard disk, dengan kapasitas penyimpanan yang jauh lebih ebsar pun sudah semakin murah. Sudah pasti semakin banyak orang yang memutuskan untuk meninggalkan flashdisk ini. Tapi jangan terburu-buru membuang flashdisk kesayangan yang sudah tidak terpakai. Flashdisk yang masih dalam keadaan baik, bisa dimanfaatkan untuk fungsi lain loh.

Era memang diprediksi sudah akan punah. Terlebih saat ini sudah ada sistem penyimpanan digital dalam bentuk Cloud yang gratis (atau berbayar dengan harga super murah) dengan kapasitas super besar serta mudah digunakan. Belum lagi aman. Selain itu juga ada hard disk yang kapasitasnya jauh lebih besar namun harganya pun cukup terjangkau. Lalu bagaimana dengan flashdisk?

flashdisk

flashdisk

Tenang. masih bisa dimanfaatkan untuk beberapa fungsi lain di bawah ini kok.

  1. Instal Sistem Operasi

    Terutama untuk menginstal sistem operasi Linux. Jadi, bila kamu memiliki flashdisk yang sudah tak lagi digunakan untuk menyimpan data namun memiliki keadaan yang baik dengan kapasitas yang masih cukup lebih besar, maka gunakan saja untuk menginstal sistem operasi Linux.

    Berbeda dengan sistem operasi Windows yang berbayar, dan instalasinya melalui CD atau melalui resmi, Linux merupakan sistem operasi dengan sifat open source. Yang berarti semua pengguna bisa mengubah dan menggunakannya secara gratis. Dan salah satu proses instalasinya bisa dengan menggunakan flashdisk bekas yang sudah tak terpakai itu tadi.

  1. Aplikasi Portable

    Sama seperti flashdisk bekas untuk menginstal sistem operasi, kamu juga bisa menggunakan flashdisk bekas untuk menginstal aplikasi. Terutama aplikasi portable yang nantinya ingin kamu gunakan di komputer lain, yang tidak kamu gunakan di komputer satu. Jadi misalnya seperti ini, kamu menggunakan aplikasi office 100 yang tidak ada di komputer teman. Maka dengan menggunaakn flashdisk, kamu bisa menginstal aplikasi tersebut di kkomputer teman.

    Jadi tak perlu menginstal sebuah aplikasi secara langsung, namun yang sikapnya hanya sementara saja. Jadi fungsinya memang sebagai sebuah aplikasi yang sifatanya sementara dan digunakan di flashdisk.

  1. Mengunci komputer

    Fungsi lain adalah untuk mengunci komputer. Dengan fungsi ini, kamu bisa dengan mudah mengunci komputer sehingga tak bisa digunakan oleh orang lain. Dimana komputer dikunci hanya dari flashdisk saja. Jadi sebenarnya idenya mudah saja. Kamu hanya perlu menggunakan software untuk mengunci komputer atau laptop di flashdisk. Yang mana nantinya, laptop atau kamu hanya bisa terbuka dengan menggunakan flashdisk itu saja. Tak bisa dengan password dan cara lain.

    Triknya, gunakan pada komputer dan laptop. Yang nantinya bekerja untuk membuka komputer, ketika pertama kali dinyalakan. Setelah itu tak perlu lagi dengan menggunakan password atau kunci lain. Jauh lebih aman bukan, mengingat password masih bisa dibobol oleh hacker dan orang yang tak bertanggung jawab.

  1. Rescue disk

    Dengan ramainya pemberitaan mengenai serangan malware yang melumpuhkan pengguna seperti saat ini, menggunakan untuk rescue disk bisa menjadi sebuah alternatif lain. Kamu pastinya juga akan butuh sebuah software khusus, seperti Kaspersky Rescue Disk yang membuat simpanan sebagai cadangan alternatif lain untuk mengembalikan sebuah komputer.

    Jadi nantinya kamu akan bekerja untuk mengembalikan seperti semula bila misalnya tak bisa diakses karena serangan malware dan virus. Sayangnya, saat ini masih ada beberapa jenis serangan malware yang tetap tak tertolong dengan rescue disk melalui flashdisk ini.

 

  1. RAM Virtual

    Kurang RAM? Tak perlu terburu-buru menambahkan RAM pada komputer atau laptop. Karena untuk sementara keadaan ini bisa diatasi dengan menggunakan RAM virtual. Yang salah satunya dengan memanfaatkan flashdisk. Jadi caranya, gunakan untuk memory access cadangan bila RAM yang kamu gunakan sudah penuh.

    Caranya pun mudah. Cukup dengan pengaturan sederhana di bagian Advance saja setelah itu pagging pada bagian kapasitas memori. Cara ini hanya bekerja bila kapasitas memori kamu cukup besar ya.