5 Cara Paling Ampuh Mengamankan Komputer Dari Serangan Virus Ransomware WannaCry

http://www.cheaplouboutinshoes-outlet.org – Serangan siber pada hari Jumat (12/05/2017) yang melumpuhkan beberapa bisnis dan organisasi besar di Eropa tercatat sebagai salah satu serangan Ransomware terbesar sepanjang sejarah. Selain itu, keseluruhan puluhan ribu computer di nyaris 100 negara termasuk ikut jadi korban.

Ransomware adalah perangkat lunak beresiko bersama dengan target mengambil alih alih computer dan menyebabkan penggunanya tidak dapat membuka semua file di dalamnya hingga berikan tebusan uang. Program yang beresiko itu dikenal atas sebutan WannaCry. Pihak yang bertanggung jawab atas serangan ini menghendaki tebusan lebih kurang US$300 kepada tiap-tiap korban dan harga selanjutnya terus meningkat tiap-tiap waktu.

Ransomware masuk kedalam kategori program Worm yang dapat menyebar cepat melalui jaringan untuk menginfeksi proses komputer. Komputer yang terinfeksi bakal perlu waktu lebih lama untuk memperbaikinya.

Antivirus
Antivirus

Jadi, yang harus kita laksanakan sebagai pengguna computer privat adalah laksanakan tindakan pencegahan sebelum saat terinfeksi, apa saja itu? Yuk, review beberapa langkah selanjutnya ini.

1. Instal Semua Pembaruan Perangkat Lunak

Sering kali kita abai dalam laksanakan pembaruan perangkat lunak. Kenapa ini penting? Pembaruan aplikasi kebanyakan dijalankan untuk melakukan perbaikan bug pada versi yang sebelumnya. Jika bug selanjutnya dibiarkan begitu saja, maka dapat menciptakan celah keamanan yang dapat dimanfaatkan peretas untuk masuk ke dalam akses komputer. Celah keamanan selanjutnya dapat dimanfaatkan peretas sebagai pintu masuk awal sebelum saat mengambil alih alih semua sumber energi komputer.

2. Aktifkan Update Otomatis Untuk Sistem Operasi

Dengan memperbarui proses operasi secara teratur, maka bug yang sebelumnya ditemukan bakal segera diperbaiki. Selain itu, proses operasi yang up-to-date termasuk bakal makin lama menambah proses keamanan yang ada. Selain itu, dnegan sistem operasi yang terupdate ini besar harapan dan kemungkinan virus yang dibuat oleh hacker belum mampu menerobos benteng pertahanan yang dibuat. Terlebih saat ini, terbukti para hacker ini pun lebih menyasar pengguna dengan sistem operasi lama dari pada pengguna dengan sistem operasi baru.

Tapi perlu diperhatikan juga ketika menyalakan sistem update otomatis ini, pastikan sistem sudah benar-benar aman. Dan update yang dilakuman pun benar-benar bisa dipertanggung jawabkan. Cara lain sih bisa dengan secara rutin mengecek adanya update terbaru dari sistem operasi dan melakukan update tersebut. Lebih masuk akal bukan?

3. Pengguna Windows, Gunakan Windows Defender

Sebenarnya untuk pengguna Windows kita tidak harus repot-repot mencari antivirus terbaik. Windows Defender adalah jawabannya. Yang paling penting adalah selalu laksanakan update secara berkala.

Antivirus bawaan Windows selanjutnya termasuk dapat laksanakan scan menyeluruh dan menahan program malware dan worm yang menghendaki masuk ke dalam komputer. Selain mengatasi virus, Windows Defender termasuk dapat menahan segala type Spyware.

4. Buat Salinan Foto dan Dokumen Secara Teratur

Lakukan backup file secara berkala, salin semua file selanjutnya ke tempat penyimpanan terpisah yang aman. Dengan laksanakan backup berkala, kita dapat menahan kehilangan information yang diakibatkan ulah Ransomware. Kenapa ini harus dilakukan? Karena diketahui program Ransomware dapat mengunci proses computer dan menghambat pengguna membuka semua file di dalamnya.

5. Berhenti Klik Link Asing Serta Asal Download File Sembarangan

Program Ransomware dapat menciptakan dirinya sendiri dan mengirimkannya ke alamat e-mail semua orang tiap-tiap detiknya. Setelah program selanjutnya secara tidak sengaja dieksekusi oleh pemilik komputer, maka bersama dengan cepat program jahat selanjutnya bakal menyebar dan menginfeksi semua proses komputer.

Maka dari itu, selalu berhati-hati pada link yang diberikan oleh orang yang tidak dikenal, dan termasuk jangan download file sembarangan seperti aplikasi bajakan dan lain sebagainya. Termausk juga link yang diberikan pada situs dewasa dan pada situs game. Dua situs ini, bersama dengan situs penyebar film bajakan memang yang paling banyak menjadi penyebar virus dan juga malware pada komputer.

Itulah 5 cara menahan WannaCry dan malware menyerang proses komputermu. Kamu sudah laksanakan salah satu cara tersebut? Sebaiknya segera laksanakan kecuali belum, gara-gara kecuali sudah terkena pengaruh serangan, pasti bakal lebih susah lagi menanganinya.